Tuesday 22 August 2017

Pembangunan Infrastruktur Skala Utama Desa Banaran

Pembangunan  saluran air ( Drainase ) di Desa Banaran, Kecamatan Balerejo.
FORUM JURNALIS MADIUN, BALEREJO - Semangat untuk membangun Desa dan meningkatkan perekonomian masyarakat selalu diapresiasikan oleh Desa Banaran, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun. Pasalnya, Desa Banaran saat ini sedang giat melaksanakan pembangunan desa, lewat Dana Desa (DD) tahun 2017 yang bersumber dari APBN dan sudah dilaksanakan untuk pembangunan pada saluran air ( Drainase ).

Desa Banaran yang mempunyai luas wilayah 170 hektar lebih ini terbagi dalam 2 dusun, dusun Kedungmuni dan dusun Banaran. Desa Banaran mempunyai jumlah penduduk sebanyak 1.464 jiwa, sedangkan letak geografis desa Banaran berbatasan dengan sebelah utara Desa Pacinan, Sebelah barat Kabupaten Ngawi, Sebelah selatan desa Sogo, dan disebelah timur desa Kedungrejo. 

Mayoritas penduduk desa tersebut bekerja pada sektor pertanian,  selain itu Desa Banaran juga mempunyai potensi sebagai produksi tempe yang dijadikan produk unggulan desa.

Kepala Desa Banaran, Kecamatan Balerejo, Hariyono mengatakan, bahwa untuk tahun ini desa Banaran telah melaksanakan pembangunan infrastruktur di beberapa titik yang berada didesanya, Seperti pembangunan saluran air ( Draineser ) yang berlokasi di dusun Banaran Rt 01 dan Rt 02 yang panjangnya mencapai 261 meter. Sedangkan pebangunan Draineser yang berada di dusun Kedungmuni dengan panjang 149 meter.

Lebih lanjut dikatakan Kepala Desa Banaran, Hariyono, bahwa tujuan pembangunan Draineser ini selain untuk memperlancar pada saluran air juga untuk pembatas jalan dengan tanah pekarangan milik warganya, sehingga batas jalan itu nanti tidak berubah-ubah dan jalanya tidak akan longsor lagi.

Kepala Desa Banaran, Hariyono berharap, dengan adanya pembangunan yang berada didesanya ini bisa membawa kemajuan desa, serta bisa untuk  meningkatkan perekonomian masyarakat desa Banaran. Desa Banaran sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Madiun untuk ikut membantu dalam perbaikan jalan, karena desa Banaran ini juga sebagai penyangga Ibu Kota Kabupaten Madiun.’’ Pungkasnya . ( * )

Sumber Berita ; Lensa Nusantara

0 komentar:

Post a Comment