Tuesday 8 August 2017

EMBUNG DESA SUKOREJO BISA DONGKRAK SUMBER KEHIDUPAN MASYARAKAT

Kepala Desa Sukorejo, Yoyon Mahmudi menunjukkan rabat beton hasil pembangunan Desa di Dusun Cerme Desa Sukorejo
FORUM JURNALIS MADIUN, KEBONSARI - Embung (tadon air) yang berada di Dusun Depok desa Sukorejo Kecamatan Kebonsari kabupaten Madiun jawa Timur  merupakan embung yang di bangun  untuk menapung  kelebihan air yang di tampung,air tersebut  selanjutnya di gunakan sumber irigasi di musim kemaau untuk ketersediaan pasokan air juga di manfaatkan  untuk ternak ikan.

Kepala Desa Sukorejo Yoyon Mahmudi mengaakan Embung yang di serahkan dari pengaiaran ke pemerintah Desa sejak tahun 2016 yang lalu ke depan bisa menjadi  sumber kehidupan masyarakat Desa sukorejo,” Embung dusun dupok Desa Sukorejo  memberi manfaat untuk sisi pertanian,Embung tersebut juga berguna untuk perikanan  yang saat ini bila di panen mencapai 3 ton,serta bermacam-macam jenis ikan seperti ikan tombro,ikan nila,ikan gurameh dan  ikan lele pas hanyutan  asli dari sungai ,kedepan oleh karang taruna di buat pemancingan  yang harganya di bawah Rp 100.000,- per hari,” terangnya.

Lebih lanjut Kades Yoyon  menambahkan  untuk perikanan  kalau kemarau panjang airnya berkurang sehingga dangkal,di  Dusun dupok Desa Sukorejo ada 2 embung yaitu RT 27 dan RT 29 luasnya mencapai 5 kotak.Selam ini yang mengelola  karang taruna yang belum pernah  memanen atau menjual ikan makanya ikannya melimpah,ada rencana untuk pemancingan dan wisata embung Dusun Depok  Desa Sukorejo.

Pungsi utama embung resapan dan kalu ikan itu Cuma nupang,” wacana ke depan embung tersebut bias ntu rekreasi otomatis bias mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar serta bisa menghasilakan APBDes,” jelas Kades Yoyon Mahmudi.

Tidaklah sesuatu berlebihan jika masyarakat menginginkan sebuah infrastruktur yang baik,sarana transportasi berupa jalan rabat beton yang baru di bangun Pemerintah Desa Sukorejo kembali hampir selesai,”selain pembangunan jalan rabat beton juga merupakan  akses menuju sawah,sehingga untuk transportasi lebih mudah otomatis ekonomi terdongkrak,” kata kades Yoyon Mahmudi.

Untuk rabat beton Dusun Cerme Desa Sukorejo  Kecamatan Kebonsari kabupaten Madiun  dengan panjang 425 meter X 2,5 meter dengan tebal 15 cm  da nada yang lebih sesuai kultur tanah naik turun,” harapanya untuk jalan beton  supaya nanti akses masyarakat lebih mudah,otomatis roda perekonomian di Desanya terdongkrak,” ungkap Kades Yoyon Mahmudi.

Ia menjelaskan di lakukan pembangunan rabat jalan beton ini berdasrkan hasil masyarakat pemerintah Desa dengan masyarakat.

Disisi lain  Pemerintah Desa Sukorejo dalam beberapa waktu ini  usai melaksanakan  peningkatan pembanguan rabat jalan beton di Dusun cerme  yang terletak  di persawahan menuju  pemukiman masyarakat dari Dana Desa tahun 2017,” terutama sarana umum yang sangat di butuhkan oleh masyarakat,” jelas Yoyon.(*)

Sumber Berita ; Jagad Pos

0 komentar:

Post a Comment