Saturday 19 August 2017

KWARCAB KOTA MADIUN GELAR PESTA SIAGA DAN PENGGALANG

Lomba Pionerring, LCC dan Daur Ulang dalam Kegiatan Pesta Siaga Kwarcab Kota Madiun
FORUM JURNALIS MADIUN –  Pramuka Siaga adalah sebutan bagi anggota pramuka yang berumur 7 – 10 tahun. Disebut  Pramuka Siaga karena sesuai kiasan masa perjuangan bangsa Indonesia yaitu ketika rakyat Indonesia menyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan.

Gerakan Pramuka sebagai wadah para pramuka untuk melaksanakan kepramukaan dalam bentuk kegiatan-kegiatan menarik yang mengandung unsur-unsur pengetahuan dan pendidikan. Organisasi Gerakan Pramuka adalah salah satu organisasi independen yang tidak terlibat dalam politik  dan terbukti membawa kemaslahatan.

Seperti yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Madiun pekan kemarin, Sabtu (19/8) dengan menggelar Pesta Siaga sebagai ajang lomba antar anggota Pramuka Siaga yang ada di Kota Madiun dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 56 dan HUT RI ke 72 tahun. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang dilkaksanakan oleh Kwarcab Kota Madiun.

Koordinator Panitia dan Lomba, Slamet Hariyadi mengatakan bahwa digelarnya kegiatan pesta siaga selain sebagai ajang silaturahmi antar sesama anggota Pramuka juga untuk mengetahui perkembangan dan kemampuannya melalui kompetisi perlombaan. Sepeti lomba pionerring, daur ulang dan lomba cerdas cermat.

Lomba pionerring ( permainan tali dan tongkat ) misalnya, nilai pendidikannya adalah kekompakan, kerjasama, kepercayaan dan kejujuran karena tidak didampingi oleh pembinanya
“ Inilah yang kita harapkan kedepan untuk membentuk generasi muda yang jujur dan tangguh “ kata Hariyadi.

Untuk Lomba Cerdas Cermat ( LCC ) masih menurut Hariyadi untuk mengasah kemampuan dan daya ingat tentang nilai-nilai sejarah bangsa. Mereka diberikan soal-soal sejarah perjuangan bangsa. Sedangkan untuk lomba Daur Ulang, mengajarkan dan mendidik peduli terhadap lingkungan dan sampah. Trampil dalam memilih dan memilah sampah berguna dan yang tidak. Sehingga mereka suka dan terbiasa dengan kebersihan dan disiplin untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“ Dengan bekal ketrampilan, ketangkasan dan kecakapan, melalui lomba tersebut agar dapat  mendorong untuk lebih mampu dan mengerti makna berorganisasi dan berempati serta lebih kreatif dan inovatif“ tutur Hariyadi yang juga menjabat sebagai sekretaris Kwarcab Kota Madiun.

Pihaknya berharap hendaknya Pramuka menjadi pilihan pertama sebelum kegiatan yang lain. Banyak pemimpin-pemimpin bangsa yang awalnya dari Pramuka. Ini salah satu bukti bidikan Gerakan Pramuka dalam upaya mencetak kader penerus bangsa yang handal dan special troup.
“ Cintailah pramuka karena pramuka akan menjadikan kalian pemimpin-pemimpin bangsa yang diharapkan oleh masyarakat dan Negara “ pesannya. 

Diinformasikan bahwa selain kegiatan Pesta Siaga, Kwarcab. Kota Madiun juga menggelar Lomba untuk anggota Pramuka Penggalang SD dan SMP yang dilaksanakan pada Senin-Selasa (21-22/8) bertempat di lapangan Gulun Kota Madiun.  Untuk Penggalang SD akan diberikan materi lomba yaitu Tapak Tenda Lengkap dan PBB, sedangkan untuk Penggalang SMP materi lombanya adalah Tapak Tenda Lengkap dan Yel-Yel. (her).

Sumber Berita : Realita Masyarakat

0 komentar:

Post a Comment