Thursday 2 June 2016

Kerajinan Bambu Ikon Desa Nglandung

GEGER -  Desa Nglandung, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun  yang terbagi dalam lima Dusun; Dusun Krajan 1 dan 2, Dusun Ngegot,  Dusun Wonoromo 4 dan Dusun Wonokromo 5. Letak geografis Desa Nglandung yang berada di dataran ini mempunyai batas desa, Sebelah utara desa Kaibon, sebelah timur desa Uteran, sebelah selatan desa Bacem dan sebelah barat desa Sambirejo. Jumlah penduduk desa Nglandung mencapai 4.394 jiwa. 
 
Desa Nglandung yang terkenal sebagai penghasil kerajinan bambu dan ukiran Bambu mampu dijadikan sebagai potensi desa. Kerajinan bambu yang dihasilkan desa Nglandung menembus sampai negara Kanada. Salah satunya Kerajinan Bambu milik Tumiran, Warga Rt 21 dusun Wonokromo desa setempat sebagai pembuat kerajinan bambu, Seperti Meja, Kursi, Dipan,  Kere, Anyaman, Rono, Sekat-sekat, Gasebo dan Tempat rumah makan atau Cafe.
Bahkan Tumiran pengrajin asal desa Nglandung ini pernah meraih juara 1 dan juara 2 tingkat Jawa Timur dalam lomba desain kerajinan pada tahun 1996 dan tahun 1997. Kerajinan bambu desa Nglandung ini di mulai sejak 33 tahun yang lalu.  
Kepala Desa Nglandung Kecamatan Geger, Ahmad Pamuji
Kepala Desa Nglandung, Ahmad Pamuji mengungkapkan, Bahwa untuk pengrajin bambu yang berada di desanya ada 3 kelompok, Pengrajin bambu milik Tumiran, Pengrajin bambu milik Moh.Safuan dan pengrajin bambu milik  Basori. Dalam usahanya mereka membuat banyak jenis kerajinan seperti Meja, Kursi , Dipan, Kere, Anyaman, Rono, Sekat-sekat, Gasebo, Ondo ( Tangga ), Kandang ayam dan masih banyak lagi jenis produk unggulan desa Nglandung yang terbuat dari bambu.
Untuk bahan baku sendiri diambil dari bambu milik warga desa Nglandung , seperti bambu petung, bambu ulung dan kalau ada kekuranganya diambil dari daerah lain. Kerajinan bambu bambu produk unggulan dijual sampai luar kota , ada yang pesan dari Kota Bojonegoro, Tulungagung, kediri, Blitar, Krian, Sidoarjo dan Malang. Bahkan dulu pernah dikirim sampai keluar negeri yaitu pesanan meja kursi satu truk ke Negara Kanada.’’ ( * )
Sumber Berita : Berita Lensa

0 komentar:

Post a Comment