Thursday 2 June 2016

Wisata Alam Pesanggrahan Potensi Desa Segulung

DAGANGAN - Desa Segulung, Kecamatan Dagangan , Kabupaten Madiun meski letak geografis Desa yang berada di lereng gunung Wilis namun Desa Segulung merupakan salah satu Desa yang mempunyai banyak potensi desa yang sangat menguntungkan. Desa Segulung mempunyai luas wilayah 1004 Ha dengan jumlah penduduk sebanyak 5.146 jiwa, yang terbagi dalam 6 dusun; Dusun Glagah, Dusun Segulung, Dusun Bade, Dusun Dayakan, Dusun Glatik dan Dusun Dipo.
 
Sebanyak 85 persen penduduk Desa Segulung bekerja disektor perkebunan dan pertanian, Selain sebagai penghasil buah-buahan seperti Durian,Alpokat,Kakau,Pete, Cengkeh serta buah Rambutan Desa Segulung mempunyai potensi Desa yang sangat menarik di sektor Wisata yaitu Wisata alam Pesanggrahan yang berada di Dusun Bade.
Kepala Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kustoyo
Kepala Desa Segulung Kustoyo memaparkan, ‘’Bahwa tempat wisata alam Pesanggrahan sebenarnya sudah ada sejak dahulu,  yang dulunya di tempat ini mempunyai nilai bersejarah ada beberapa bangunan rumah Loji peninggalan pada jaman Belanda. Selain tempatnya yang berada dilereng gunung Wilis dan dekat dengan bukit Plalar ( Puntuk Plalar ) sehingga tempat wisata alam Pesanggrahan ini mempunyai pemandangan yang  masih alami.
Tempat ini sangat mendukung untuk dijadikan tempat wisata serta kegiatan Pramuka untuk anak sekolah. Untuk luas tempat wisata alam Pesanggrahan ini mencapai 1,4 Ha dengan kepemilikan tanah aset desa, dan ketinggian kurang lebih 1500 meter dari permukaan air laut. Untuk akses jalan yang sangat baik medan jalannya tidak terlalu menanjak, dan jaraknya dari pasar Pagotan ke tempat wisata Pesanggrahan ini hanya 15 km.
Lebih lanjut dikatakan Kustoyo Kades Segulung, ‘’Bahwa saat ini Wisata alam Pesanggrahan dikelola Swadaya oleh masyarakat , dan sudah dibangun beberapa Gasebo dan nantinya juga ada air terjun serta tempat santai lainnya untuk para pengunjung wisata alam Pesanggrahan ini, Dan nantinya disekitar tempat wisata alam Pesanggrahan akan dibangun tempat-tempat berjualan warga desa Segulung untuk berjualan hasil perkebunan buah-buahan yang menjadikan Icon desa Segulung, Seperti buah Durian , Alpokat, Rambutan, Cengkeh dan Keripik singkong sebagai produk unggulan desa Segulung.
Sebetulnya desa Segulung masih mempunyai potensi wisata lainya seperti Seprahu , ini masih dalam tahap pengusulan seandainya nanti Seprahu bisa dibangun sebuah bendungan kedepanya sangat berpotensi untuk dijadikan tempat wisata alam dan selain itu airnya juga bisa untuk dijadikan irigasi pertanian bagi beberapa desa yang berada dibawahnya.’’ Pungkasnya. ( * )
Sumber Berita : Berita Lensa          

0 komentar:

Post a Comment