Tuesday 22 August 2017

BUDIDAYA BIBIT IKAN GURAMI DI DESA SIDOREJO KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN

Kepala Desa Sidorejo Kecamatan Kebonsari, Ana Setyawati
FORUM JURNALIS MADIUN, KEBONSARI - Ikan Gurami merupakan ikan asli Indonesia dan berasal dari perairan daerah Jawa Barat. Ikan ini merupakan salah satu komuditi perikanan air tawar yang cukup tinggi dilihat dari permintaannya yang cukup besar dan harganya yang relatif tinggi di bandingkan dengan ikan air tawar lainnya seperti ikan Mas,Nila,dan Tawes serta merupakan salah satu sumber protein yang cukup tinggi. 

Bagi masyarakat umum ikan ini di pandang dan biasanya di sajikan pada acara-acara penting oleh sebab itu tidak mengherankan apabila ikan Gurami menjadi salah satu komuditi unggulan di sektor perikanan air tawar. Umumnya budidaya  ikan Gurami masih di laksanakan oleh masyarakat dengan tehnologi semi sensitif. 

Masa pemeliharaannya relatif lama sehingga di lakukan dalam beberapa tahapan yaitu tahap pembenihan,tahap pendederan,dan tahap pembesaran di mana pada masing-masing tahapan menghasilkan produk yang dapat di pasarkan secara tersendiri.

Bapak Edi Sujarwo Beserta Kolamnya
Seperti halnya yang di lakukan oleh Bapak Edi Sujarwo yang ada Dusun Jomblang Rt 8,Rw IV di Desa Sidorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun,beliau hanya mampu membudidayakan pembenihan dan pembesaran selama 2-3 bulan untuk di pasarkan padahal usahanya ± sudah 7 tahunan.

“ Karena terkendala modal usaha maka saya hanya bisa membeli telurnya saja mas untuk di tetaskan dan itupun pesan telurnya dari daerah Kota Purwakarta.untuk telur Gurami per paket dengan jumlah 10.000 telur dengan harga Rp 400.000,- sedangkan untuk pemasarannya bibit Gurami umur 2-3 bulan saya masih di ambil para tengkulak dengan harga Rp 700,- per ekor.” Kata Edi Sujarwo.

Kepala Desa Sidorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Ibu Ana Setyawati saat di konfirmasi Hari Senin ( 31/7/2017 ) mengatakan Dengan jumlah penduduk  ± 4.000 jiwa dan di bagi 5 Dusun banyak sekali UMKM – UMKM di desa sini seperti Budidaya Bibit Ikan Gurami dan untuk ke depannya Pemerintah Desa akan memberikan fasilitas-fasilitas saja, karena selama ini belum ada UMKM  -UMKM yang terkoordiner untuk membentuk suatu kelompok.

" Maka dari itu kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas terkait agar membantu memberikan Pelatihan – Pelatihan, tambahan Modal Usaha, Alat – Alat Produksi, serta Pemasarannya agar mereka bisa bersaing dan di kenal dengan Daerah –Daerah serta tidak menutup kemungkinan akan menjadikan tambahan Ekonomi bagi masyarakat kami, " pungkasnya.   ( * )

Sumber Berita  ; SKM Metro Jatim

3 komentar:

  1. Mau tanya itu tengkulaknya daerah mana ya

    ReplyDelete
  2. Alamat dmn nggeh bisa beli bibit gurami berkualitas

    ReplyDelete
  3. kami sedia bibit gurame WA 081359717337

    ReplyDelete