Tuesday 8 August 2017

Kades Tanjungrejo,Kebonsari Madiun : “ Bareng Bareng Mbangun Deso “

Kepala Desa Tanjungrejo Kecamatan Kebonsari, Agus marmani meninjau pembangunan rabat jalan di areal pertanian di Desanya
FORUM JURNALIS MADIUN, KEBONSARI - Kepala Desa Tanjungrejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Agus marmani mempunyai Motto sederhana dan senantiasa memegang prinsip untuk selalu mengutamakan peran serta warga masyarakat didalam setiap program pembangunan Desa. Motto yang dia pegang teguh adalah prinsip Bareng Bareng Mbangun Deso.

Desa Tanjungrejo yang terletak diujung selatan Kabupaten Madiun berpenduduk sekitar 4.800 jiwa dan terdiri dari 3 Dusun yakni dusun Sekawis, ringinputih dan balekambang. Mayoritas penduduknya adalah petani padi dan sebagian lainnya menekuni petani brambang,cabe,terong dan melon. Menurut kades Tanjungrejo Agus marmani saat ini banyak program pembangunan di tiga dusun menjadi prioritas kepemimpinannya seperti penerapan program layanan Akta Kelahiran berbasis Online.

Pembangunan drainase sepanjang 300 meter lebih, rabat jalan sepanjang 500 meter, pengaspalan jalan sejauh 4 km , pembangunan Talud di tiga wilayah , perbaikan jembatan kecil menggunakan Plat Deker dan pembuatan Sumur tanah di Makam untuk kebutuhan air jika ada penggalian tanah kubur dan para peziarah kubur yang ingin cuci tangan.

Pelayanan dibidang Kesehatan, ada kegiatan Posyandu lansia setiap tiga bulan dan Donor Darah. Dibidang keagamaan ada pengajian ibu ibu setiap bulan, pengajian bapak bapak seminggu sekali dan pengajian muda mudi setiap 2 minggu sekali. Karang taruna Desa ada kegiatan Turnamen olah raga dan Sinoman. Satu hal lain yang tetap menjadi budaya kuat warga Desa Tanjungrejo adalah Gotong Royong yang rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Kepala Desa Tanjungrejo Kecamatan Kebonsari, Agus marmani
Kades Agus marmani didalam memberikan pelayanan terkait kebutuhan surat surat yang dibutuhkan oleh warga menerapkan disiplin prosedural dan mekanisme seperti selalu melalui surat pengantar dari RT dengan tetap memberikan layanan yang cepat dan tanpa dipungut biaya. Dibidang UMKM , di Desa Tanjungrejo memiliki Potensi Unggulan seperti produksi Gula Merah, produk Krupuk, Tempe dan Rengginang. 

Dalam rangka meningkatkan potensi tersebut Kades Tanjungrejo Agus marmani aktif memberikan program pelatihan UMKM . usaha kecil lainnya yang ada di Desa Tanjungrejo adalah usaha Perikanan yang dikelola oleh Kelompok Peternak sebagai bagian dari usaha ekonomi warganya. (*).  

Sumber Berita : Surabaya News Week

0 komentar:

Post a Comment