Friday 25 August 2017

Desa Mejayan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Warga

Kepala Desa Mejayan, Titik Handayani
FORUM JURNALIS MADIUN, MEJAYAN - Sebagai jantung Ibu Kota Kabupaten Madiun, desa Mejayan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun dalam melaksanakan pembangunan desa selalu memperhatikan untuk kepentingan bagi warganya, baik itu pembangunan infrastruktur fisik maupun dalam tata ruang pembangunan sarana dan prasarana lainya selalu difikirkan matang dan terencana.

Desa Mejayan, Kecamatan Mejayan yang memiliki luas wilayah desa 273 hektar. Jumlah penduduk desa Mejayan sebanyak 5.250 jiwa yang terbagi dalam 5 dusun, yaitu dusun Sumber Suko, dusun Gendoman dan Mejayan, dusun Sanggrahan dan Ngrubahan, dusun Porong serta dusun Krunggahan. Letak geografis desa Mejayan yang berada dipusat Kabupaten Madiun sangat strategis. Batas wilayah desa Mejayan berbatasan dengan desa disebelah selatan desa Sidodadi sama desa Klecorejo, disebelah barat desa Pandean sama Kelurahan Bangunsari, disebelah timur desa Ngepeh sama desa Kaligunting, dan disebelah utara desa Bajulan sama Kelurahan Bangunsari.

Mayoritas penduduk desa tersebut bekerja sebagai PNS, Pedagang dan petani. Masyarakat Desa Mejayan memiliki beberapa olahan makanan yang dihasilkan dari UMKM,  sebagai penghasil produk olahan makanan, seperti ; Golang-galing, keripik tempe, kerupuk dan keripik usus.’’ Kata Kepala desa Mejayan, Titik Handayani.

Pembangunan Paving di Desa Mejayan
Lebih lanjut dikatakan Kepala Desa Mejayan, Titik Handayani , bahwa dalam pelaksanaan kegiatan Dana Desa ( DD ) tahap pertama untuk tahun 2017 ini desa Mejayan telah membangun untuk beberapa titik infrastruktur fisik, seperti ; Pembangunan Drainese 4 titik yang berlokasi didusun Krunggahan 1 titik, didusun Ngrubahan 1 titik, didusun Sanggrahan 1 titik dan didusun Mejayan 1 titik. Kemudian untuk pembangunan paving jalan dan pembangunan BUMDes.

Selain itu untuk membantu warga masyarakat desa yang tidak mampu, khususnya bagi masyarakat yang mempunyai rumah tidak layak huni ( RTLH ) desa Mejayan telah membangun 2 tempat RTLH yang berada didusun Gendoman satu rumah dan yang berada didusun Porong satu rumah.’’ Ujar Kepala desa Mejayan, Titik Handayani. 

Dengan adanya pembangunan yang bersumber dari DD ini sangat membantu sekali hasil yang dirasakan oleh warga masyarakat desa Mejayan, dulunya sebelum ada pembangunan seperti Drainese ini desa Mejayan sering untuk dijadikan langganan banjir apabila musim hujan, tetapi setelah ada pembangunan Drainese masyarakat sudah tidak kwatir lagi akan adanya banjir,’’ Tambahnya.

Kepala desa Mejayan, Titik Handayani , berharap Dana Desa itu nanti tidak hanya untuk sarana dan prasarana saja, akan tetapi juga bisa untuk digunakan pemberdayaan dan untuk meningkatkan SDM warga desa Mejayan yang sesuai dengan visi dan misinya. Pembangunan desa skala prioritas desa, yang hasilnya bisa untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warganya.’’(*).   
   
Sumber Berita ; Lensa Nasional

0 komentar:

Post a Comment