Monday 4 July 2016

Nuansa Kegiatan Islami Mewarnai Desa Pacinan

BALEREJO - Desa Pacinan Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun adalah salah satu desa yang mengaplikasikan nilai – nilai religius / agama yang tinggi, terbukti dalam kesehariannya dan di hari – hari tertentu dalam setiap minggu dan setiap selapan hari telah mengadakan kegiatan keagamaan baik ditingkat RT, RW / Dusun maupun ditingkat desa, bahkan juga diadakan safari yasinan secara bersama – sama secara bergantian di tiap – tiap masing – masing kelompok itu.
Diantaranya kegiatan keagamaan desa Pacinan Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun ialah : kegiatan rutin Istigosah dilaksanakan rutin tiap malam jum’at dan bertempat dikantor desa Pacinan peserta warga desa Pacinan ini bertujuan untuk mengirim leluhur yang sudah meninggal agar supaya desa Pacinan aman dan hindar dari balak. Setelah acara Istigotsah ini diadakan sarasehan, bertujuan untuk menampung saran dan kritik warga desa Pacinan dan dilanjutkan musyawarah dalam menindak lanjuti saran dan kritik atau pun usulan – usulan warga desa Pacinan.
Dari ulama atau muslimin mengadakan safari keliling dari masjid / musholla yang ada di desa Pacinan untuk memberikan pencerahan agama pada warganya dinamakan Hibakiyah. Mengadakan yasinan setiap malam jum’at dimasing – masing kelompok secara bergantian (keliling)
Dengan adanya kegiatan keagamaan secara kental didesa Pacinan ini sangatlah berpengaruh baik bagi warga dan masyarakatnya, terutama kaum anak – anak dan pemudanya bisa berakhlakul karimah (sholeh/sholeha). Semua pelaksanaan ini dianggarkan melalui APBDes Desa Pecinan.
Letak geografis Desa Pecinan Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun adalah batas desa sebelah utara : Desa Simo, batas sebelah selatan : Desa Banaran, batas sebelah timur : Desa Simo dan Desa Kedungrejo, batas sebelah barat : Kabupaten Ngawi, luas wilayah desa Pecinan, tempat pemukiman 20 Ha. lahan sawah : 150.915 Ha, ladang/tegalan : 42.165 Ha. Jumlah penduduk desa Pecinan 1845 jiwa terdiri dari laki – laki : 915 jiwa dan perempuan 930 jiwa.
Adapun perangkat desa dan pelaku pemerintahan adalah kepala desa Suryanto Plt Sukdes : Suwarno, Kaur Pemerintahan Suwarno, Kaur Umum : Bibit, Kaur Keuangan: Suyatno, Plt Kasun I Suyatno, Kasun II Sunarto. Uceng : Suyatno, Modin : Nurkholis, Karyawan Desa : Musodikin, Tokoh masyarakat : Sarkam, Tokoh agama :  Samsu Arif dan Tokoh Pemuda : Joko Dwi Susanto. Semua perangkat desa dan tokoh masyarakat desa Pacinan ini saling membantu bekerjasama dan bergotong – royong demi memajukan desanya menjadikan makmur sejahtera rakyatnya (*).
Ket. Foto : Kades Pacinan Suyanto Bersama Babinsa, Babinkantipmas, Para Ulama, Tokoh Masyarakat  dan Masyarakat Pacinan Saat Melaksanakan Istigosah di Baledesa  Pacinan Kec. Balerejo Kab. Madiun.
Sumber Berita : Suara Media Nasional

0 komentar:

Post a Comment