Sunday 7 August 2016

Desa Sumbersari Adakan Pelatihan Pembuatan Kue

SARADAN - Di eras saat ini pemerintah pusat sampai daerah telah mencanangkan bahwa warga masyarakatnya harus bisa kreatif dan inovatif dalam segala hal, terutama dalam hal peningkatan SDM dan ekonomi masyarakatnya. Dengan adanya ini, maka masyarakat Desa Sumbersari Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun, telah mengadakan pelatihan aneka macam kue baik kue kering maupun kue basah.

Peserta pelatihan ini diikuti oleh 19 orang warga masyarakat desa Sumbersari, pembina pelatihan diambil dari Balai Latihan Ketrampilan (BLK) Kabupaten Madiun yaitu dua orang Suyanto, S.Pd, dan Ninda, S.Pd selaku tutor (pembina pelatihan) bertempat di panti PKK desa Sumbersari (Balai Pelatihan Desa Sumbersari) lama pelatihan pembuatan aneka kue basah dan kering ini selama 30 hari, dimulai dari 26 Juni sampai dengan 26 Juli 20146.

Adapun aneka kue yang dilatihkan diantaranya kue kering : nastar, stick, busa kepiting, lidah kucing, makroni, pukis keju, bakpia, kukis sele kacang putri salju, sedangkan kue basah diantaranya : roti tawar, sele srikaya, roti manis isi saos, roti boy, donat ubi, roti goreng gula-gula, pizza mini, bakpau dan roti siopa.

Tujuan diadakannya pelatihan aneka roti basa dan kering dari BLK Kabupaten MAdiun untuk warga Sumbersari (Ibu-ibu PKK) ini adalah untuk menambah SDM dan peningkatan perekonomian warganya. Selama pelatihan berlatihan berlangsung sudah banyak warganya yang berdatangan untuk memesan kue kering dan basah tersebut berarti secara tidak langsung warga desa Sumbersari dan warga desa sekitarnya antusias untuk membeli produk aneka roti dan hasil pelatihan ini. Dengan demikian produk roti dari hasil pelatihan ini sangat enak dan harganya terjangkau. Dalam hal pemasarannya tidak mengalami kesulitan dan bahan bakunya sangat mudah di dapat.

Desa Sumbersari kecamatan Saradan Kabupaten Madiun dengan luas wilayah : 353.575 Ha, batas wilayah desa Sumbersari, sebelah utara Desa Sambirejo, sebelah selatan : Desa Sukorejo, sebelah barat : Desa Bader dan sebelah timur : Desa Klumutan. Desa Sumbersari terdapat 5 dusun diantaranha : Kasun Sumbersari : Subandrija, Kasun Patran I Abdul Kadir, Kasum Patran II Sugianto Kasun Kenep I, Suroto dan Kasun Kenep II Sukidi.

Perangkat Desa Sumbersari diantarnaya Kepala Desa : Prijo Wibowo, SE, Kaur Pemerintahan : Rudi Suprapto, Kaur Keuangan : Djarni, Kaur Umum Nur Kholis, Kaur Pembangunan : Sumawan, Kaur Kesejahteraan Masyarakat : Parsianto, Kebayan : Tholibin, Modin : Supono, uceng : Sadiman, Modin : Moh. Jaelani, Jogoboyo Subiyanto dan Kabayan Sri Kardati, sedangkan lembaga desa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ketua : Tedjo Harianto, BA, Sekretaris : Drs. Hery Susantoro, anggota : Suyoto, Parminto, Sutarno, Gamin Pranoto, Supono, Madi dan Mimin Dwi Jayanti. Adapun LKMD Ketua Ahmad Suyuti, Sekretaris : Djasmanto, Bendahara : Ilyas, seksi keagamaan : Suyitno, seksi keamanan dan ketertiban lingkungan : Harjito, seksi pendidikan dan kebudayaan Hanuri, Seksi kesehatan kependudukan dan KB : Suroto, seksi perekonomian dan Koperasi : Soeradji, seksi pembangunan fisik prasarana : Slamet seksi pemberdayaan perempuan Pratini Wahyu Utami, seksi lingkungan hidup Jaimin, seksi pemuda dan olahraga : Imam Syafi’i, dan seksi kesehatan lingkungan : Sumadi, semua lembaga yang ada di desa ini saling bahu membahu dan bekerjasama, bergotong royong dalam kemakmuran dan mensejahterakan warga masyarakat desanya. (*). 


Sumber Berita : Suara Media Nasional


0 komentar:

Post a Comment